10 Juli 2012

Warung Jadah Tempe Mbah Carik

Saya termasuk orang yang sangat menggemari berbagai macam olahan dari beras ketan. Mau dikukus kek, dibikin jadi wajik, dihancurin terus dijadiin onde-onde dan sebagainya tetep saya doyan *kecuali mentahan*. Si beras ketan ini emang bisa diolah menjadi beraneka macam makanan enak dan mengenyangkan, sebut saja lupis, puluik kucuang--ini makanan khas kampungnya papa, ketan bakar, wajik, jadah dan masih banyak lagi. Nah kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang jadah.

Jadah merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dan dikukus bersama parutan kelapa serta sedikit garam agar gurih. Setelah masak, kukusan tersebut dihancurkan hingga butiran berasnya tidak terlihat. So simple, tapi rasanya enak, gurih dan kenyal. Memang kebanyakan olahan makanan dari beras ketan akan bertekstur kenyal.

Di Jogja, jadah yang terkenal dari ujung ke ujung ya Jadah Tempe Mbah Carik. Outlet-nya ada di Jalan Kaliurang Km. 15, di daerah Mbesi sama di Jalan Gejayan menuju Jalan Solo *bingung ya ?* Sesuai judulnya--Jadah Tempe--maka jadah akan dipasangkan dengan tempe yang--menurut saya--dibacem. Rasanya ya jelas enak dong. Lembut dan gurih si jadah berpadu dengan manisnya tempe. Buat yang gak suka tempe, disini juga disediakan tahu bacem dan gembus kok. Rasanya juga gak kalah enak pokoknya.

Warung Jadah Tempe Mbah Carik tidak hanya menyajikan olahan jadah aja loh. Disini ada wajik, aneka macam kerupuk, bumbu pecel, teh rosella, malah kalau lagi musim durian warung ini juga menjual durian *nah loh*. 

Dulu pertama kali mencoba saya merasa bingung, kok beras ketan dipasangin sama tahu tempe bacem. Karena di daerah saya, beras ketan yang dikukus selalu dipasangkan dengan srikaya, bubur dan durian. Tapi lama kelamaan jadi nagih deh--malah curhat.

So, ini dia penampakan jadah dan tahu


0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com