7 Juli 2012

Sego Abang Lombok Ijo

Happy Sunday guys. Setelah 2 hari di Solo dimana hotelnya minim sinyal pake banget, akhirnya saya balik ke Jogja dan bisa nge-update deh. 

So, beberapa hari yang lalu, dalam rangka diet dan mendamaikan perut yang gak bersahabat, saya dan pacar santap siang 'sehat' di Sego Abang Lombok Ijo yang terletak di daerah Turi. Ancer-ancernya kalo dari lampu merah simpang Pakem (yang di dekat RS Panti Nugroho Kaliurang), ke arah barat, terus aja, kemudian pelankan kendaraan sebelum pom bensin Turi dan *tadaaa* anda pun bisa menemukan tempat makan ini di sebelah kiri jalan. Tempat makan ini selalu ramai pada saat jam makan siang. Yang datang mulai dari anak-anak sampai kakek nenek loh. Emang apa sih yang disajikan di tempat makan ini ?

Sebenarnya makanan di sini simple banget. Ndeso banget juga. Yang pertama, yang menjadi ciri khas dari tempat makan ini adalah sayur lombok ijo. Sayuran ini merupakan campuran dari si lombok ijo yang diiris halus, tempe, bawang putih dan bawang merah yang dimasak dengan santan. Begitu diseruput, mmm gurih kuah santannya langsung ngeluber di dalam mulut. Bagi anda yang gak suka rasa pedas, gak perlu khawatir. Meskipun namanya sayur lombok ijo, rasanya sama sekali gak pedes kok.


Sayuran pendamping lauk berikutnya berupa rebusan daun pepaya yang disiram dengan santan kelapa pekat di atasnya. Saya kurang tau apa sebutan untuk sayuran seperti ini, yang saya tau ini enak banget. Daun pepaya-nya tidak pahit dan direbus dengan tingkat kematangan yang pas, jadi tetep crunchy. Untuk santan kentalnya, gak usah ditanya lagi, ini bener-bener gurih. Enak~


Ada sayuran, pasti ada lauknya dong. Di tempat makan ini, kita akan disajikan sepiring lauk yang berisi ayam kampung goreng, empal daging, pepes ikan, tahu dan tempe bacem. Terserah mau dimakan satu doang apa semuanya, yang jelas setiap lauk harganya berbeda dong.


Penampakan pepes ikan


Keunikan lain dari tempat makan ini adalah nasi yang disajikan merupakan nasi merah, jadi lebih sehat dan cocok buat yang ingin diet sehat.


Buat orang-orang seperti saya, belum makan namanya kalo gak ada sambal (--,) So biar huh hah gitu, saya pun memesan sambal bawang sama mas-mas pelayannya. Yang namanya sambal bawang ya pedesnya nampar banget.


Gimana, ndeso banget kan ? Udah makanannya ndeso, suasananya juga begitu loh. Tempat makannya berupa bangunan kayu yang sederhana banget dan dikelilingi sawah. Mmm, perut kenyang, pikiran tenang, hatipun senang! Wanna try ? Oya, jangan khawatir soal harganya karena ini bener-bener terjangkau kok --saya lupa nyatet detailnya.

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com