15 November 2012

Sambal Kwini

Saya adalah satu dari sekian banyak orang yang kalap ngeliat sambal. Kebiasaan yang sudah mendarah daging adalah makan satu sendok, sambalnya dua sendok. I wreaaaalllyyy love spicy taste.

Nah kebetulan beberapa bulan yang lalu dalam rangka mudik lebaran, pulanglah si anak kos ini ke kampung halaman, Pekanbaru. Sesampainya di rumah, ibu dan kedua adik saya sedang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Sambil planga plongo di dapur, mata saya tertuju pada salah satu cawan berisi sambal kesukaan saya yaitu Sambal Kwini.

Sesuai dengan namanya, sambal ini terdiri atas cabe merah keriting--terkadang saya minta ditambahkan cabe rawit karena cabe merah keriting spicyless-- yang diuleg bersama dengan daging buah kwini yang 3/4 mateng dan bumbu-bumbu seperti garam serta sedikit terasi.

Rasanya tidak bisa disamakan dengan sambal mangga, karena mangga sama kwini ya beda laaaa rasanya mbak mas. Untuk sambal mangga biasanya menggunakan daging buah mangga yang masih mentah, kalo sambal kwini semakin baik jika menggunakan kwini yang manis. Kebayang dong rasanya gimana..manisnya kwini, pedes cabe, gurih juga.

Biasanya sambal kwini ini paling cocok dimakan dengan udang yang dibakar cuma pake mentega. 
Sayangnya ini gak ada di Jogja.....


0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com